Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda - Toga Ilmu

Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda

Title : Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda
link : Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda

Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda

Halo para sahabat yang budiman yang sedang membaca artikel ini dimanapun kalian berada dan kapanpun itu. Apa yang kalian pikirkan saat terucap kata "SUKSES"??

Adakah kalian yang berfikir "gaji besar?", "Uang Berlimpah?", "Jabatan Tinggi?".. Yaaa.. di antara definisi tersebut tidak ada yang salah karna "katanya" definisi sukses adalah bagaimana cara kalian memaknai kata sukses itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan definisi sukses bagi pemuda yang mungkin masih dalam masa pendidikan entah itu sedang sekolah atau dalam perkuliahan? Mungkin kalian akan berfikir "oh kalo untuk pemuda sih lain, mungkin seperti berprestasi atau ranking di kelas dan sering ikut lomba" hemm.. tidak salah juga jika kalian mengartikan demikian karena sekali lagi "katanya" tergantung bagaimana cara kalian memaknai kata sukses itu sendiri.

Oke sekarang mari kita berlogika sebagai pemuda yang cerdas. jika kita menganggap sukses bagi pemuda adalah berprestasi dan ranking di kelas atau sering ikut lomba, apakah kesuksesan tersebut dapat membantu kita di masa setelah menjadi pemuda? Ya tentu saja hal tersebut akan memberikan kita pengalaman dalam masa selanjutnya terutama kalian yang sudah sering ikut lomba di sekolah maupun di perkuliahan hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi instansi yang mungkin akan menjadi tempat anda melanjutkan studi atau bekerja.

Jika yang kalian inginkan stuck sebagai pekerja ya itu sudah cukup. PERINGATAN bagi kalian yang ingin menjadi pekerja dengan gaji besar entah itu PNS maupun pekerja swasta saya rasa cukup untuk kalian membaca postingan ini dan saya ucapkan banyak terimakasih. Sedangkan kalian para calon – calon pengusaha muda di masa depan dan secepatnya silahkan di lanjutkan untuk membaca postingan ini, tapi ingat 1 kalimat saya dan camkan

"Mulailah Sekarang Apapun Itu, atau Semua Hanya Akan Menjadi Angan Besarmu"

Saya bukanlah contoh yang baik untuk sosok pemuda yang sukses karna saya sendiri masih menjadikan rasa malas sebagai sahabat saya tapi ada kalanya saya tidak akur dengan sahabat yang satu ini.

Dan setelah obrolan ngalor ngidul yang ngelantur dari saya mari kita kembali ke topic yaitu Definisi Pemuda Sukses. Tentu kalian harus mengetahui definisi versi penulis agar maksud penulis dapat tersampaikan terhadap pembaca.

Definisi Sukses bagi saya pribadi adalah mengalahkan mereka yang sudah lebih dulu sukses. Bagaimana maksudnya?

Orang sukses menurut banyak prespektif sendiri terbagi menjadi "Sukses Ekonomi, Sukses Sosial, Sukses Spiritual" dan hal tersebut membutuhkan waktu yang lama tapi sudah banyak yang mencapainya walau tidak banyak jika di bandingkan dengan jumlah manusia yang "Tidak Sukses" dan kebanyakan orang memberikan patokan sukses adalah umur 30 tahun. Jadi yang saya maksud mengalahkan orang yang lebih dulu sukses adalah bagaimana jika pemuda dapat sukses di usia mudanya sebelum umur 25.

Ya pasti akan banyak perdebatan mengenai batasan umur sukses salah satunya pendapat om Deddy Corbuzier yang mengutarakan bahwa sukses itu tidak mengenal usia, ya memang benar dapat kita ambil contoh salah satunya adalah pendiri KFC yang sukses di usianya yang ke 80an

Tapi yang kita bahas kali ini adalah sukses bagi Pemuda jadi saya rasa tidak masalah jika kita batasi maksimal pemuda adalah berumur 25 tahun yang dimana pemerintah menganjurkan laki – laki untuk menikah di umur tersebut.

Sesuai yang saya sebutkan mengenai prespektif sukses di pandang dari 3 sisi yaitu Sukses Ekonomi, Sukses Sosial, dan Sukses Spiritual Kita akan membahas perpoin dan saya harap anda tidak bosan dengan tulisan saya yang abstrak ini.

Sukses Ekonomi

Pandangan sukses paling umum dan paling banyak di sepakati adalah sukses secara ekonomi atau materiel dimana bagi pemuda apalagi yang masih pelajar atau mahasiswa setidak tidaknya adalah dapat mencukupi apa yang mereka butuhkan dengan usaha mereka sendiri. Lalu pertanyaan besarnya adalah "BAGAIMANA?" bagaimana seorang pemuda yang masih dalam masa pembelajaran entah itu bersekolah atau berkuliah untuk dapat sukses secara ekonomi?

Menurut Saya pribadi banyak cara untuk menggapai kesuksesan ekonomi bagi pemuda karna banyak contoh yang sudah sukses di usia muda dan bagi saya pribadi setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses namun dengan momen dan start yang berbeda beda.

Dalam era modern sekarang makin banyak peluang bagi para pemuda untuk berkreasi dan mencari kesusksesan secara ekonomi entah itu secara offline maupun online, dari yang fisik sampai digital, mulai dagang sampai jasa. Semakin banyak peluang dan semakin mudah untuk mencari uang di era modern ini

Sayang banyak kasus yang saya dapati pemuda di era sekarang tidak memanfaatkan peluang dengan maksimal dan timbul prespektif dimana sulit mencari uang di era sekarang dan saya rasa hal tersebut bodoh karena mereka hanya memandang dari satu prespektif yaitu "Bekerja" dan memang lapangan pekerjaan di indonesia itu sulit lantaran pebandingan tenaga yang dibutuhkan terhadap tenaga yang tersedia tidak sebanding sehingga banyak pengangguran. Dan lagi instansi sekarang ini lebih selektif terhadap penerimaan karyawan terutama pengalaman dan pengetahuan di bidangnya.

Sepengalaman saya banyak cara jika yang kalian inginkan adalah uang, saya pribadi dalam sehari dapat menghasilkan 350.000 dengan berbagaimacam cara terutama online karna saya memanfaatkan teknologi dan peluang yang ada. Jadi saya sering geli dan mengumpat "bodoh" terhadap mereka yang mengeluh bahwa mencari uang itu susah.

Mohon maaf sebelumnya karna yang saya maksud bukan sombong dan apalah arti uang 350 ribu per hari jika dibandingkan dengan mereka yang dapat menghasilkan ratusan juta hingga miliaran per hari. Yang saya maksud adalah memotivasi karna setiap orang memiliki peluang yang sama dimana prefiksnya saya bisa maka anda juga bisa, mereka bisa maka kita juga bisa.

Ingat jangan pernah menyalahkan keadaan ataupun mengatakan mereka yang sudah sukses beruntung. Mereka yang sukses bisa jadi memang startnya lebih mudah tapi banyak mereka yang benar benar mulai dari nol bahkan mulai dari minus.

Di artikel ini saya tidak membahas bagaimana cara untuk mendapat uang secara detail karna maksud dari postingan ini adalah motivasi para pembaca. Jika kalian ingin mengetahui lebih detai menganai cara untuk mendapat uang dengan berbagai caranya akan saya buatkan artikel khusus untuk pembahasannya.

Yang harus kita bahas adalah aspek penting yaitu apa saja yang di butuhkan dan apa saja pantangan untuk memulai.

Hal yang Harus di Persiapkan

Hal yang pertama yang harus kalian siapkan adalah niat dimana kalian harus benar benar memantapkan diri kalian terhadap suatu hal yang akan kalian tekuni nanti. Lalu kenali diri kalian dan apa hal yang paling kalian kuasai dan paling bisa kalian lakukan maka lakukan hal tersebut dengan sepenuh hati entah itu profit maupun no profit karna jika hal tersebut adalah pashion kalian maka tidak ada rasa rugi jika tidak ada profit yang di hasilkan.

Dan hal yang paling penting adalah sabar karna semua hal tidak dapat terjadi dengan instan, semua butuh proses tapi proses juga butuh target. Target diri kalian untuk menggapai sesuatu dengan maksud agar kalian tidak malas dan mengatakan "belum waktunya" terus menerus.

Pantangan

Lalu hal yang menjadi pantangan bagi kalian yang mau atau sedang memulai membangun usaha atau kesuksesan ekonomi kalian adalah jangan terlarut terhadap angan. Kalian boleh berangan sebagai penyemangat tapi jangan kalian terlampau berimajinasi seperti "nanti setelah uangku banyak aku akan beli ini, akan ini dan akan itu" hal tersebut akan menjatuhkan anda dalam kepuasan semu dan menganggap diri anda mampu dan sekali kalian terjatuh kalian akan merasa semua khayalan kalian adalah mustahil.

Mimpi itu boleh tapi harus tertarget dan realistis. Seperti contoh saya ingin beli mobil lambo dengan harga sekian miliar tapi sekarang saya Cuma punya uang 500 ribu. Mustahil? Mustahil jika kalian berfikir dangkal uang 500 ribu akan berubah secara ajaib dan menjadi sekian miliar.

Pikirkan proses semisal bagaimana uang 500 ribu bisa menjadi hal yang menghasilkan dan setelah menghasilkan ternyata 500 ribu dapat menjadi 2 juta. Lalu bagaimana 2 juta ini menjadi suatu yang menghasilkan dan modal kalian akan terus naik berdasarkan seberapa keras usaha kalian dan secerdik apa kalian melihat peluang.

Yang ke dua jangan pernah mengatakan "Nanti saja" atau "Besok Saja" alias menunda – nunda. Percaya atau tidak penundaan terhadap suatu hal terutama start kesuksesan dapat di artikan "Tak kan Pernah".

Seperti yang saya utarakan di awal pembukaan post ini "Mulailah Sekarang Apapun Itu, atau Semua Hanya Akan Menjadi Angan Besarmu"

Ya banyak orang yang berangan tapi sering menunda apa yang hendak atau ingin dia capai dengan alasan tidak ada waktu atau belum saatnya pada akhirnya mereka tidak akan mendapatkan atau menghasilkan apapun. Orang – orang seperti ini dalam ilmu psikologi di sebut "Sanguinis" dimana mereka yakin dalam hati fikiran dan perkataan bahwa mereka mampu dan akan melakukannya tapi mereka tidak pernah melakukan sesuatu.

Saya sendiri pernah menjadi orang yang seperti itu dan sangat sulit untuk keluar. Tapi hei musuhmu bukan orang lain tapi musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri dan sahabatmu (rasa malas).

Yang ke tiga jangan menyerah apapun yang terjadi. Pemuda terkenal dengan emosional yang labil dimana kadang mereka merasa menggebu – gebu dan seketika mereka menjadi malas dan stuck untuk melakukan sesuatu.

Dalam membangun sesuatu terutama kesuksesan pasti banyak rintangan dan jalan tidak selalu mulus sesuai rencana dan ekspektasi. Kalian para pejuang kesuksesan harus siap mental untuk tetap berjuang menghadapi halangan apapun itu karna "Kalian Tidak Akan Pernah Kalah Kecuali Kalian Berhenti Melakukannya" jadi jika kalian gagal dan tidak menyerah terhadap suatu hal kalian akan belajar sesuatu dari kegagalan. Tapi saat kalian menyerah disaat itulah kegagalan yang sebenarnya.

Ke empat jangan terlena terhadap apa yang kalian lakukan dan kalian hasilkan. Banyak kasus dimana orang – orang terlena terhadap apa yang mereka lakukan dan dapatkan dan akhirnya mereka puas terhadap hal tersebut dan pada saat kejayaan hal yang dia tekuni redup maka dia akan kehilangan segalanya.

Contoh simpel, ada seorang public figur yang bekerja sebagai host atau maskot di suatu acara dan dia puas terhadap pencapaiannya saat itu dan terlena akan apa yang dia lakukan dan apa yang dia hasilkan dan suatu ketika program atau acara tersebut mengalami problem atau bahkan sampai hilang maka dia akan kehilangan segalanya.

Maka selain melakukan apa yang kalian sukai kalian juga harus memandang ke depan terhadap perkembangan waktu dan kemungkinan – kemungkinan yang dapat terjadi agar kalian dapat bertahan di bidang yang memang sudah kalian kuasai.

Yang terakhir dan yang paling penting, jangan sombong dan jangan lupa berbagi. Ingat apa yang kalian dapat tidak lepas dari campur tangan tuhan dan tanpanya kalian tidak akan menjadi apa – apa.

Kenapa pantangan lebih banyak ya? Karna apa yang harus di persiapkan sebenarnya relatif dan tergantung pribadi dari individu itu sendiri tapi untuk kegagalan banyak di alami dengan sebab yang sama, maka pembahasan pantangan sengaja saya perpanjang dengan maksud sebagai penekanan dan aspek – aspek di atas juga berpengaruh terhadap kesuksesan dalam prespektif lain yaitu sukses sosial dan sukses spiritual.

Sukses Sosial

Menjadi orang yang berpengaruh di masyarakat, di segani dan di hormati dalam masyarakat adalah kesuksesan sosial menurut khalayak umum. Namun saya sebagai penulis tidak mengajarkan dan mengarahkan pembaca untuk menjadi orang yang "gila hormat" dimana seseorang sangat ingin di hormati oleh orang lain.

Sukses secara sosial bukan hanya sekedar kedudukan tapi soal menjalin kepercayaan dan relasi. Semakin banyak relasi maka semakin mudah jalan seseorang untuk menuju kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan sosial terdapat sebuah hukum mutlak yang harus kalian tanamkan dalam – dalam yaitu

"Hormatilah Orang lain Maka Orang lain akan Menghormatimu"

Segala hal pasti memiliki timbal balik, begitu pula rasa hormat. Agar di hormati seseorang, kalian tidak harus memiliki kedudukan tinggi atau punya uang banyak karna dalam kegiatan sosial yang paling penting adalah saling menghargai dan rasa toleransi.

Tapi selain saling menghormati dan bertoleransi kalian juga harus menguasai teknik komunikasi yang benar agar kalian dapat membangun relasi dengan baik dan benar. 80% bahasa yang sebenarnnya adalah bahasa non verbal seperti gestur, intonasi dan penekanan saat suatu kata di ucapkan yang dapat mempengaruhi arti dari suatu kata.

Disini saya tidak mengajar bahasa indonesia tapi memberi tahu mengenai dasar untuk membangun kesuksesan sosial.

Yang paling awal yaitu jadilah diri sendiri. Jangan pernah meniru orang lain hanya untuk dapat perhatian banyak orang karna berpura – pura itu melelahkan. Banggalah jadi diri kalian sendiri dan coba kenalkan diri kalian apa adanya.

Yang kedua jangan sok akrab, mungkin bagus memang untuk memulai pembicaraan. Namun banyak kasus dimana lawan bicara risih terhadap orang yang sok kenal dan sok akrab. Jalin komunikasi sewajarnya dan jangan terlalu memaksakan diri, be your self right?

Jadilah orang yang friendly tapi apa adanya, maksudnya jadilah orang yang dapat di jadikan teman oleh siapapun itu dan sesuaikan dirimu dengan orang tersebut tapi tetap jadilah diri sendiri dan apa adanya tapi ingat jangan terlalu memaksakan diri seperti "selalu berkata iya". Ada kalanya kita merasa tidak enak dan langsung berkata iya walau kita sebenarnya terbebani dan tidak nyaman terhadap suatu tanggung jawab atau hal lainnya.

Setelah kalian dapat di terima di tengah masyarakat jadilah orang yang vokal dan lantang mengutarakan pendapat maka kalian akan di pandang tapi jangan menjadi orang yang gila hormat dimana kalian sangat ingin di kagumi, di hormati dan di sanjung.

Tetap rendah hati dan jangan sombong atas apa yang kalian miliki dan apa yang sudah kalian capai.

Ya.. hal di atas adalah hal basic mengenai cara membangun relasi sosial. Kesuksesan sosial sendiri banyak di salah artikan dimana hanya orang – orang terpandang dan orang – orang yang punya jabatan adalah orang yang sukses secara sosial tapi ada banyak orang sukses dalam sosial tanpa harus memiliki jabatan.

Mereka yang punya wibawa, kerendahan hati dan orang – orang yang baik akan di segani oleh orang lain. Tapi ingat sekali lagi jangan gila hormat dan tetap jadilah diri sendiri.

Dalam pembahasan kesuksesan sosial ini sendiri cukup berbelit belit karna pengulangan "jadilah diri sendiri" dan "jangan gila hormat" yang terus menerus.

Kedua kalimat tersebut saya ulang beberapa kali karna 2 hal tersebut adalah kata kunci dalam kesuksesan sosial yang sebenarnya dimana kesuksesan sosial sendiri adalah buah dari kebaikan kita terhadap masyarakat di sekitar dan dapat di katakan bahwa kesuksesan sosial merupakan cabang dari kesuksesan spiritual.

Sukses Spiritual

Sukses spiritual ini dapat di katakan relatif dan saya sendiri tidak ingin menggambarkan bagaimana sukses spiritual ini karna spiritual ini sering di artikan dan di referensikan ke agama dan agama merupakan hal yang sensitif.

Singkatnya sukses secara spiritual adalah dimana seseorang dapat bertemu dengan Tuhannya serta dapat benar benar menghargai apa yang tuhannya berikan. Apa yang di maksud bertemu?

Bertemu bukan berarti dalam fisik karna fisik manusia tidak akan pernah dapat menjangkau Tuhan.

Silahkan cari tahu sendiri apa makna kesuksesan spiritual karna spiritual (kejiwaan) adalah apa yang dapat membuat jiwa kalian sehat. Yang di maksud sehat bukan sekedar "Tidak Gila" tapi jiwa yang sehat adalah jiwa yang dapat melihat orang lain selayaknya sesama manusia, saling menghargai, tidak serakah dan senantiasa bersyukur.

Karna semua yang kalian miliki dan yang kalian dapatkan adalah dari Tuhan semesta alam.

Saya rasa cukup sekian postingan saya yang sangat panjang dan banyak kekurangan ini, saya ucapkan terimakasih untuk kalian yang mampu dan mau membaca postingan ini sampai akhir. Kalian adalah calon – calon pemuda sukses.

Baik sekian, Salam Sukses – Pemuda Kaya

Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda


It was the Article has titled Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda

, well This is an article Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda , hopefully can unseful for you all. see you in other article postings.

Now you're reading Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda article by the address link https://www.togailmu.com/2018/11/definisi-kesuksesan-bagi-seorang-pemuda.html

0 Response to "Definisi Kesuksesan Bagi Seorang Pemuda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel