Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya - Toga Ilmu

Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya

Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya - Hai Sahabat Toga Ilmu yang budiman, di Artikel yang berjudul Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya ini, saya sudah mempersiapkan artikel dan materi dengan Sebaik mungkin agar mudah di pahami untuk anda sabhabat Toga Ilmu sekalian.
semoga informasi yang terdapat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Artikel kali ini merupakan materi yang Bertema ensiklopedia, semoga artikel yang saya tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya
link : Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya

Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya

Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya. Alasan yang penting bagi perusahaan untuk memprioritaskan pemasaran adalah karena pemasaran memainkan bagian yang besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, satu alasan penting lainnya adalah pemasaran mendorong terjadinya riset dan inovasi, pengembangan dan penyebaran ide-ide, barang dan jasa baru. Gain Pemasaran atau marketing merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian biaya pemasaran, Penggolongan Biaya Pemasaran.

Definisi Biaya Pemasaran

Dalam arti sempit biaya pemasaran hanya meliputi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar.

Dalam arti luas biaya pemasaran meliputi semua biaya yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang sampai dengan produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.

Menurut Mulyadi Biaya Pemasaran adalah biaya yang meliputi semua biaya yang terjadi saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang sampai produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.

Sedangkan menurut Supriyono, biaya pemasaran adalah sebagai berikut : “Biaya pemasaran adalah meliputi semua biaya dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pemasaran.”

Hansen dan Mowen yang diterjemahkan oleh Thomson Learning menyatakan bahwa biaya pemasaran adalah biaya-biaya yang diperlukan untuk memasarkan, mendistribusikan, dan melayani produk atau jasa.

Karakteristik Biaya Pemasaran

  1. Banyak ragam kegiatan pemasaran ditempuh oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, sehingga perusahaan yang sejenis produknya belum tentu menempuh cara pemasaran yang sama.
  2. Kegiatan pemasaran sering mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perubahan kondisi pasar.
  3. Kegiatan pemasaran berhadapan dengan konsumen yang merupakan variabel yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Manajemen dapat mengendalikan biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, jam kerja dan jumlah mesin yang digunakan tetapi tidak seorangpun dapat mengatakan apa yang akan dilakukan oleh konsumen.
  4. Dalam biaya pemasaran terdapat biaya tidak langsung dan biaya bersama (joint cost) yang lebih sulit pemecahannya bila dibandingkan dengan yang terdapat dalam biaya produksi.”

Fungsi Biaya Pemasaran

Biaya pemasaran dalam operasi sehari-hari perusahaan memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari sifat usaha dari perusahaan itu sendiri, ukuran serta metode operasi. Diantaranya adalah membantu meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pendapatan terus pada periode mendatang dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. Setiap fungsi merupakan unit yang homogen, dimana aktivitas dapat dihubungkan dengan bagian khusus dari biaya pemasaran.

Penggolongan Biaya Pemasaran

  1. Biaya untuk mendapatkan pesanan ( order getting costs). Yaitu semua dikeluarkan dalam usaha untuk memperoleh pesanan. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini adalah biaya wiraniaga ( salesperson),komisi penjualan, advertensi, dan promosi
  2. Biaya untuk memenuhi pesanan ( order filling costs). Yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan agar supaya produk sampai ke tangan pembeli dan biaya-biaya untuk mengumpulkan piutang dari pembeli. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini adalah biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.

Penggolongan Biaya Menurut Fungsi Pemasaran

  1. Biaya Penjualan. Biaya penjualan terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemenuhan pesanan yang diterima dari pelanggan. Biaya penjualan terdiri dari gaji karyawan bagian penjualan, biaya depresiasi, biaya kantor, sewa kantor dan biaya perjalanan salesmen.
  2. Biaya Advertensi. Biaya advertensi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan pemasaran dan pelaksanaan kegiatan order-getting melalui kegiatan promosi. Biaya advertensi terdiri dari gaji karyawan bagian advertensi, biaya iklan, biaya pameran, biaya promosi, biaya contoh (sampel, model) dan lain-lain.
  3. Biaya Pergudangan. Biaya pergudangan merupakan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan pemesanan. Biaya pergudangan terdiri dari gaji karyawan bagian gudang, biaya depresiasi gudang dan biaya sewa gudang.
  4. Biaya Pembungkusan dan Pengiriman. Biaya pembungkusan dan pengiriman merupakan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan pembungkusan pesanan hingga pesanan tersebut dikirim kepada pembeli. Biaya pembungkusan dan pengiriman terdiri dari gaji karyawan bagian pembungkusan dan pengiriman, biaya bahan untuk membungkus, biaya eksploitasi truk, biaya depresiasi kendaraan, biaya pengiriman dan biaya angkut.
  5. Biaya Pemberian Kredit. Biaya pemberian kredit dan penagihan terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemantauan kemampuan keuangan pelanggan dan penagihan piutang kepada pelanggan. Biaya pemberian kredit dan penagihan terdiri dari gaji karyawan bagian penagihan, kerugian penghapusan piutang tak tertagih, potongan tunai.
  6. Biaya Administrasi Penjualan. Biaya bagian administrasi terdiri dari bagian administrasi penjualan, supplies kantor, penyusutan peralatan, reparasi dan pemeliharaan peralatan.

Cara Analisis Biaya Pemasaran

  1. Analisis biaya pemasaran menurut jenis biaya atau obyek pengeluaran. Biaya dipecah sesuai dengan jenis-jenis biaya pemasaran seperti: gaji biaya iklan, biaya perjalanan, biaya depresiasi peralatan kantor, biaya operasi dan pemeliharaan truk, dan sebagainya.
  2. Analisis biaya pemasaran menurut fungsi pemasaran. Fungsi pemasaran adalah suatu kegiatan pemasaran yang memerlukan pengeluaran biaya. Analisis biaya pemasaran menurut fungsi pemasaran bertujuan untuk pengendalian biaya dan untuk analisis biaya pemasaran menurut usaha pemasaran.
  3. Analisis biaya pemasaran menurut usaha pemasaran. Adalah. menurut jenis produk, menurut daerah pemasaran, menurut besar pesanan dan menurut saluran distribusi.


Itu tadi Artikel yang berjudul Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya

, baik Sekianlah artikel Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya. salam sukses : Toga Ilmu

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya dengan alamat link https://www.togailmu.com/2018/05/pengertian-biaya-pemasaran-serta-fungsi.html

0 Response to "Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel