Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger - Toga Ilmu

Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger

Title : Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger
link : Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger

Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger

Halo para rajapion yang budiman, kali ini saya akan sedikit membagikan cara untuk membuat subdomain di platform Blogger. Tentunya jika kalian ada di halaman ini maka kalian sudah pasti tahu apa itu subdomain, tapi sebagai formalitas saya akan menjelaskan mengenai apa itu SubDomain.


Kalian pasti tahu domain bukan?? Mari kita ambil contoh yang paling simpel. Kalian pasti tau facebook, jika kalian mengakses Facebook.com maka kalian akan masuk ke facebook dalam tampilan deskop (jika di akses via PC) beda lagi kalo kalian akses dari ponsel maka kalian akan di redirect ke m.facebook.com yaitu facebook dalam tampilan Ponsel.

Disini ada beberapa kesimpulan, yang pertama sub domain dan domain utama memiliki isi atau konten yang berbeda (benar – benar berbeda). Hal ini terjadi lantaran penyimpanan (hosting) dari masing – masingnya memang di tujukan ke directory yang berbeda, Gampangnya penyimpanannya terpisah.

Ke dua Subdomain ini bisa dibuat sesukanya dengan 1 domain dan ke tiga sub domain seperti namanya adalah anak atau turunan dari domain itu sendiri.

Jadi subdomain itu dapat di samakan dengan folder di dalam hardisk. Jika kalian melihat subdomain dengan alamat edu.pahlawan.net itu sama dengan pahlawan.net/edu jadi dapat disimpulkan semacam folder tersendiri (supaya gampang di pahami).

Jika kalian ingin membuat subdomain di self hosting sudah pasti lebih mudah karena kalian bisa langsung melakukan control terhadap domain di control panel hosting tersebut lantaran tersambung oleh setting DNS atau Nama Server. Tapi bagi mereka pengguna Blogger tentu tidak se simple itu karena blogger sendiri bukan self hosting yang dapat dengan mudah mengatur domain dan belum lagi jika kalian menggunakan domain dari layanan selain domains.google

Oke setelah pengertian di atas yang saya anggap sebagai opening maka saya akan mulai masuk ke pembahasan mengenai pemasangan sub domain di blogger ini.

Ada dua cara dalam pembuatan subdomain di blogger terserah pilih yang mana dan mana yang lebih mudah dan nyaman menurut kalian

Via Google Domains


Selain memberikan layanan blog yang bersifat open source seperti blogger google juga menawarkan layanan domain yaitu google domain yang beralamat domains.google

Tentu saja dengan kalian memiliki domain di google domain maka domain kalian dapat langsung terkoneksikan dengan blogger asal berada di akun google yang sama dan kalian dapat membuat subdomain baru semudah kalian membuat blog baru di blogger karena sub domain akan di tawarkan seperti gambar di bawah ini

Jika kalian ingin seperti ini tapi domain kalian tidak di host di google domain kalian bisa melakukan Transfer Domain (tunggu Update artikel)

Tapi ada sedikit kekurangan dengan cara itu, yaitu harga sewa domain lebih mahal dibanding dengan penyedia domain yang lain tapi saya rasa cukup pantas karena google domain juga tidak memberikan pelayanan yang setengah – setengah dan menurut saya sangat memuaskan. Harga = kualitas

Record DNS ke Blogger


Berbeda dengan cara pertama cara ini terbilang lebih ribet jika di banding dengan cara pertama tapi tidak sulit karena prosesnya sama dengan memasang custom domain ke blogger.

Baik langsung saja ini tutorialnya
  1. Buka Blogger dan Layanan Penyedia Domain yang di Gunakan di Tab Yang Berbeda
  2. Buat Blog Seperti Biasa
  3. Masuk ke setelan dasar
  4. Klik Siapkan URL Pihak Ke-3 (layanan Domain Kalian)
  5. Tulis dengan Subdomain yang kalian inginkan dan klik simpan
  6. Maka akan muncul seperti gambar di bawah
  7. Selanjutnya silahkan masuk ke Pengaturan DNS di Penyedia Domain yang kalian gunakan
  8. Record Konfigurasi yang muncul di Blogger Tadi
  9. Save pengaturan di DNS Domain dan juga Blogger (jika di blogger masih belum bisa tersimpan tunggu beberapa saat dan Refresh)
  10. Selamat Sekarang Subdomain sudah terpasang
Oh iya jika kalian tertarik untuk memasang SSL atau Https seperti blog saya kalian bisa baca postingan sebelumnya yang berjudul SSL Gratis dari Blogger dengan Custom Domain

Mudah bukan membuat subdomain di blogger? Tapi setiap hal pasti ada kekurangan dan kelebihan tapi menurut saya sub domain itu sendiri memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangnnya ada bebarapa kelebihan yang saya rasa cukup lumayan, berikut adalah kelebihan dari sub domain :

Gratis (sudah termaksud pembayaran dengan domain utama)


Ya tentu saja dengan sub domain kita tidak perlu membeli domain lagi dan lagi subdomain itu sendiri dapat di buat terus menerus sepuasnya sehingga sangat menguntungkan di banding dengan membeli domain baru. Hal ini adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi blog dengan domain utama yang memiliki makna bebas seperti domain saya ini yaitu pahlawan.net. nama domain tersebut dapat merangkap ke berbagai bidang dan melebarkan sayap ke niche yang lain dengan bantuan subdomain berbeda dengan domain yang terspesifik seperti bloggertutorial.com misalnya dia tidak akan bisa memanfaatkan subdomain secara maksimal walau itu mungkin tapi pasti akan stuck di blogger tutorial juga.

Banyak Manfaat


Subdomain ini dapat dimanfaatkan dengan sangat baik salah satunya dengan merentangkan sayap ke Niche lain yang sekiranya memiliki visitor lebih banyak atau mungkin Niche dengan HPK yang lebih tinggi. Selain itu blog dari subdomain juga dapat menjadi Sumber backlink gratis karena kita sendiri yang mengurus blog tersebut dapat membuat semacam rantai Backlink yang akan membuat pengunjung datang ke blog yang lain dengan beberapa subdomain melalui post yang berhubungan tentunya.

Sekelas dengan Domain Utama


Walau hanya subdomain tapi blog tersebut akan di anggap domain dengan kelas top level domain (dot).com di search engine terutama google jadi kita dapat merasakan kuatnya domain TLD secara Cuma – Cuma secara tidak langsung dan sudah pasti akan mempercepat pertumbuhan blog itu sendiri.

Itu sedikit kelebihan dari sub domain, untuk kekurangannya saya juga kurang begitu memahami karna menurut saya sendiri kekurangnya tidak begitu keliahatan atau cenderung samar (dapat di maksimalkan) jadi dari nilai 1 – 10  mungkin subdomain ini layak dapat nilai 8 atau 9 karena harga dan kualitas yang di dapat sangat menguntungkan dalam pembangunan blog terutama bagi mereka yang ingin melebarkan sayap dengan banyak subdomain. Tapi jujur saya sendiri agak risih jika melihat subdomain dengan jumlahdot (.) yang lebih dari 2 titik contohnya anu.mau.esek.com

Blog dengan subdomain seperti itu cenderung mencurigakan dan memang kebanyakan hanya blog sampah yang berisi konten negatif dan kebanyakan hanya sebatas klik bait atau juga agc search engine yang sering membuat saya pribadi merasa jengkel. Tapi terbukti walau memang blog tersebut memiliki kualitas rendah, dengan subdomain mereka memenuhi page one dalam beberapa kata kunci dan tips jangan menggunakan subdomain dengan lebih dari 2 titik atau dot.

Ya saya rasa hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini, terimakasih telah menyempatkan membaca postingan ini dan salam sukses. Terus berkarya dan Keep Out of The BOX

Nb. Rajapion akan melebarkan saya dengan blog niche edukasi atau pendidikan dengan alamat https://edu.pahlawan.net mohon dukungannya dan terimakasih



It was the Article has titled Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger

, well This is an article Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger , hopefully can unseful for you all. see you in other article postings.

Now you're reading Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger article by the address link https://www.togailmu.com/2018/01/membuat-atau-memasang-subdomain-di.html

2 Responses to "Membuat atau Memasang Subdomain di Blogger"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel